Garuda Berusaha Maksimal Cabut Laporan Serikat Karyawan Terhadap Rius – Sapa Indonesia Malam



Unggahan video dan foto secarik kertas menu makanan dengan tulisan tangan di pesawat Garuda Indonesia kelas bisnis tujuan Sydney-Denpasar-Jakarta beberapa waktu lalu berbuntut panjang. Sang pengunggah Rius Vernandes dilaporkan ke polisi atas tuduhan pencemaran nama baik berlandaskan Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Ketua Harian Serikat Karyawan Garuda Indonesia, Tomy Tampatty menyebut postingan Rius itu menimbulkan kerugian bagi perusahaan. Sementara terkait diberikannya menu makanan dengan tulisan tangan kepada penumpang Tomy Tampatty menyebut pihak Garuda Indonesia tengah melakukan penyelidikan internal untuk mengetahui apakah ada kesalahan prosedur yang dilakukan kru pesawat.

Soal menu tulisan tangan itu sudah diklarifikasi oleh pihak Garuda Indonesia di akun twitter mereka @IndonesiaGaruda. “Dapat kami sampaikan bahwa ini bukan kartu menu untuk penumpang melainkan catatan pribadi kabin yang tidak untuk disebarluaskan terima kasih.” Tulis akun @IndonesiaGaruda. Menanggapi hal ini Rius Verdandes mengatakan dirinya melihat penumpang lain dibagikan kertas tulisan tangan sebagai pengganti buku menu.

Sementara itu polisi telah meminta keterangan pelapor dan sejumlah saksi atas laporan terhadap youtuber, Rius Vernandes. Namun Rius batal diperiksa karena ada kegiatan lain. Polisi telah menjadwalkan ulang pemeriksaan terhadap Rius pada 23 Juli mendatang.

Konsumen punya hak untuk menyampaikan pendapat dan keluhannya sementara pelaku usaha wajib mendengarkan keluhan itu. Namun sejauh mana undang-undang melindungi opini konsumen di media sosial. Di mana jeratan UU ITE kini menjadi sorotan khusus agar opini di medsos tak berujung pidana.

Apakah langkah PT Garuda Indonesia yang melaporkan youtuber Rius Vernades sudah tepat? Dan bagaimana reaksi dari Rius Vernandes sendiri?

Kita tanyakan langsung dengan Rius Vernandes. Selain rius juga hadir pengacara dari Rius, Abraham Sridjaja. Kemudian ada anggota Ombudsman, Alvin Lie. Serta pengamat penerbangan sekaligus Direktur Aviatory Indonesia, Ziva Narendra Arifin.

#GarudaIndonesia #RiusVernandes #DaftarMenu

Jangan lewatkan live streaming Kompas TV 24 jam non stop di Supaya tidak ketinggalan berita-berita terkini, terlengkap, serta laporan langsung dari berbagai daerah di Indonesia, yuk subscribe channel youtube Kompas TV. Aktifkan juga lonceng supaya kamu dapat notifikasi kalau ada video baru.

Media social Kompas TV:
Facebook:
Instagram:
Twitter:
LINE:

source: https://marishka-moi.com/

Xem thêm các bài viết về Du Lịch: https://marishka-moi.com/category/du-lich/

43 Replies to “Garuda Berusaha Maksimal Cabut Laporan Serikat Karyawan Terhadap Rius – Sapa Indonesia Malam”

  1. Clear yaa.. Bhw scr corporate pihak Garuda indonesia tidak ada masalah soal kritik atau vlog dari rius dan konsumen memang menjadi partner dalam feedback layanan. Daann secara aturan penerbangan bahwa penumpang berhak mendapatkan layanan yang baik sesuai kelas penerbangan. Ini hanya serikatnpekerja saja yang baper dan lebay Dalam menanggapi Video dari rius. Dimana rius juga sebenarnya tidak mempermasalahkan soal layanan dari cabin crew. Dan bahkan sebenarnya vidio. Tsb secara tidak langsung rius pun Sebagai salah satu rakyat indonesia malu bahwa maskapai nasional milik pemerintah pula yang penumpangnya lebih banyak orang bule mendapati kertas menu yang hanya tulisan tangan. Bagi Pihak Garuda secara corporate harusnya momentum ini dijadikan introspeksi dan wajib dicek krn ini sinyal sinyal human error dari karyawan yang kurang memiliki dedikasi thdp perusahaan. Serikatbpekerja wajib cek juga apakah prosedur pemilihan, loading dan penyajian menu sudah sesuai standar korporasi. Walau scr layanan cabin crew semua penumpang sudah memberikan apresiasi yg sangat baik. Kalau saran saya sbg auditor maka perusahaan wajib melakukan audit operasional layanan penerbangan scr keseluruhan.

  2. D Cina Airlane.Eva airlane banyak penumpang ekor pada siaran langsung poto .ngk ada yg lapor bah kan pramogari nya d ajak selfy happy"aja .

  3. Just want to say:
    Hellow garuda' kamu menggali lobang mu sendiri…..
    Gak tau ya netizen +62 barbar sangat………
    Mending minta maaf dehhhhh
    "Hanya saran"

  4. Agak kecewa aja si liat karyawan nya garuda bisa melaporkan hal seperti itu,karna di sini bung rius juga tidak ada membicarakan hal2 yang jelek atau mengkritik dengan kata2 yg tidak sopan,justru bung rius membicarkan itu sesuai fakta dan keadaan di dalem pesawat itu.tapi ini sangat diisayangkan bisa sampai kerana hukum hal kecil seperti ini.

    Tetap semangat Bung rius💪

  5. Salah nya bad review yg di showup ke publik dan bisa merugikan citra perusahaan. Etika nya utk bad review tdk di showup ke publik tp langsung ke manajemen garuda indonesia. Krn ini melanggar UU ITE. Klo rius lgsung komplen ke manajemen dan tidak ditanggapi baik oleh pihak manajemen garuda rius bisa showup di publik tentunya dgn bukti bahwa rius sdh melapor langsung sebelumnya ke manajemen garuda tetapi tidk mndptkan feedbck yg baik krn itu rius showup ke publik (hal ini rius bs dibenarkan di pengadilan krn melalui tahapan yg benar).

  6. Gak bakalan naik Garuda ane mah.., gak bakaaaaal.., duit ane gak cukup soalnya, ane mo naek Rajawalinya Angling Dharma aja… 🤣

  7. Bertele tele Garuda Indonesia, usaha penerbangan Airline harus siap dikritik dan dihujat orang banyak, agar itu jadi perbaikan ke depannya lagian di vlog aja kok karena hal kecil soal Menu Tulis tangan dikertas masih lebih baik dibanding tidak sama sekali kasih makan ke Penumpang karena menu nya sedang di cetak atau lupa bawa. Pasti dalam pekerjaan ada kesalahan tapi kan agar belajar kedepanya lebih baik dengan di publikasikan. Kok jadi panjang ga terima gitu, alasan serikat pekerja padahal orang2 garuda sendiri. Aneh! next gue gabakal naek garuda lagi mending gue sewa elang..

  8. Garuda: Wah ini mah pencemaran nama baik, gw tuntut aja ni org ):-V

    Lion air: yahh dasar mental KRUPUK, liat nih gw dihina teros tetap strong like a man 😏

  9. Bahaya karyawan garuda… sangat bahaya..yg mencemarkan nama baik ya karyawannya sendiri..bukan vloger.. maaf sblm nya, sy sdh tidak nyaman dengan garuda kalau spt ini krn karyawan yang anda buat krn yg menurut sy karyawan anda mencari2 kesalahan agar viral..akhirnya jd banyak konsumen yang menjauh dr maskapai ini.. bahaya anda memelihara karyawan spt itu

  10. maskapai kebanggaan indonesia lg goyah, ya namanya jg roda berputar shay~
    dijadiin bahan becandaan perusahaan2 gede en maskapai lainnya wkakaka
    bau2nya serikat karyawan cuman jd tumbal deh ini, ngeles garudanya..

  11. Bhahaha dan akhirnya serikat karyawan garuda jadi tumbal.. gmna coba serikat karyawan gk minta acc dulu sm pihak perusahaan klw mw ambil tindakan hukum.

  12. Orang benar malah di laporin.. Mentang mentang banyak uang.. Semau lo ajja.. Tolong tegakan hukum jagan tajam ke bawah tumpul ke atas..

  13. Lha kan hrsnya bisa lebih terima dan memperbaiki dong. Serikat karyawan jg hrsnya memperbaiki diri bukan melaporkan, apalagi ini fakta.

  14. Gw salut dah buat bung reus. Gw aja sebagai bus mania kadang2 tidak berani komplain ketika si supir ugalan2. Memang harus begitu soalnya kalo dikirim lewat email atau pun call centre pasti tidak ada tanggapan. Mentang2 perlindungan konsumen di negara kita udah rendah. Saya mendukung supaya ke depannya tarif pesawat bisa sama dengan bus. Wakakakaka

  15. Gitu doang masak pencemaran nama baik ?? Rius juga pelanggan garuda !!
    Malah Gugatan itu yg mencemarkan nama garuda..

  16. serikat pekerja garuda melapor ke kepolisian, trus pimpinan garudanya mana ?
    apakah sudah tau? apakah mendampingi ?
    ini membawa nama perusahaan loh, apakah di biarkan saja ?
    yg saya heran knp pihak maskapai garuda kog bisa menjadi mediator?
    seakan2 yg bersiteru ini karyawannya dgn youtuber.
    pimpinan tdk bisa mengatur karyawannya.
    seolah2 mau menjatuhkan seseorang tanpa mau campur tangan,

    sangat aneh, ada niat tdk baik di sini.

  17. Kritik -> netizen buat suara biar di notice sama pihak yg bersangkutan -> pada akhirnya kritik dilihat menjadi menjelek”an nama baik. 🤔

  18. harusnya garuda indonesia klo ada yg komplen di perbaiki klo foto2x beredar yg menu gak sopan menurut aku si wajar aja karena mmg hak kt komplen 😊😊 karena kita naik peswatpun bayar mahal😪 karena kita itu penikmat langganan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *